Langsung ke konten utama

Seorang Remaja Bernama Alham Qobli Altan


Sudah delapan hari aku tak muncul di kompasiana atau pun di blog, kangen juga. Bukannya aku berhenti menulis, tapi aku berpindah menulis. Aku berpindah dari blog menuju novel. Selama enam hari aku berhasil membuat draft dan plot novel secara garis besar. Sisa dua harinya adalah masa berkabung. Karena draft novel tersebut raib diembat pencuri. Draft tersebut belum sempat aku pindahkan ke komputer. Alhasil sirnahlah sudah benang-benang ide yang sedang aku pilin. Plot-plot yang mulai terbentuk kini tercerai berai. 

Lagian si pencuri nyolong tas seutuhnya, bukannya nanya dulu isinya apa aja. Itu tas kan gaada laptopnya. Isinya draft novel, mungkin si pencuri mau melanjutkan novel yang aku buat. Siapatau dia hobi menulis juga. Dan nanti ketika novelnya sudah terbit, aku mendapat beberapa bagian dari royaltinya. Ya... positive thinking saja.

Lupakan kehilangan ide itu. Ide bisa muncul lagi, aku memutuskan untuk menulis kembali dan berhenti berkabung. Selama delapan hari menulis draft novel, aku bertemu seseorang bernama Alham Qobli Altan.

***

Hai, namaku Alham Qobli Altan, panggil saja aku Alham. Aku sebaya dengan Amgah, umurku sekitar 18 tahun. Jangan memintaku mendeskripsikan wajahku, aku tak ahli. Bayangkan saja aku ganteng, mukaku oval, rambutku lurus dan berponi seperti Ariel NOAH. Tubuhku lumayan kekar dan berisi.


 Dulu aku pernah menjadi preman di sekolah. Bukan preman juga sih, ya jagoanlah, alfa male.  Dulu juga, aku mudah tertarik dengan “keindahan” wanita. Dan wanita juga sangat mudah untuk tertarik denganku. Aku suka bergonta-ganti pacar dan mencari yang paling “indah.”
Sekarang, aku bukan lagi seorang preman. Aku lebih mudah tersenyum. Kekekaran tubuhku aku gunakan untuk menolong nenek-nenek nyebrang. Banyak nenek yang bilang padaku “Untuk ada cucu, nenek jadi cepet nyebrangnya. Mobil pada takut kali ya cu sama badan cucu.” Aku hanya bisa tertawa mendengarnya.
Aku juga tak lagi mencari “keindahan” wanita. Aku sekarang mencari keindahan wanita tanpa tanda petik. Tipe wanitaku sekarang adalah wanita muslimah yang pandai menjaga kehormatannya. Aku mencari wanita yang bisa membuatku lebih dekat pada Tuhan. Dan pastinya, wanita yang penuh kasih sayang dan penuh perhatian. Wanita seperti itu benar-benar indah.
Aku suka tertawa sendiri membayangkan betapa bedanya aku yang dulu sama aku yang sekarang. Mungkin ini karena doa orang tuaku, doa yang mereka berikan lewat arti namaku. Alham Qobli Altan: Mendapatkan Ilham Sebelum Senja.


***

Cukup ya ham, ntar lanjutin lagi ceritanya. Nah itu dia si Alham, berbadan kekar tapi hatinya lembut. Lucu juga ya, eh tapi jangan salah, aku pernah melihat dia marah. Sangat seram.

Waktu itu kami sedang mengobrol biasa. Aku menanyakan kenapa ia mau bertaubat ketika muda. Padahal banyak orang bilang, nikmatilah dulu masa muda.

 Alham tiba-tiba marah dan berdiri. Tubuhnya menutupi sinar matahari, membuat sekelilingku menjadi gelap. Aku hanya bisa terdiam takut sambil melihat tatap matanya yang tajam.
“Siapa bilang taubat itu hanya untuk orang tua! Bisa jadi aku udah mati besok! Kalo aku mati dan dosaku belum diampunin gimana!”

“Kamu kenapa Ham? Sabar, sabar.... Maaf.. Aku gak ngerti.”

“Kamu baru bisa ngerti kalo aku udah cerita! Perasaan ini begitu kompleks, Gah."

Setelah menenangkan diri, ia menjadi lebih kalem dan mau bercerita. Cerita-cerita Alham banyak menginspirasiku. Aku belajar banyak darinya, belajar untuk selalu setia pada yang benar. Karena malaikat pencabut nyawa dapat mencabut nyawaku kapan saja. Tak peduli aku sudah siap atau belum. Ih jadi serem bayangin aku meninggal dan terkubur di tanah tak berdaya.

Oiya, aku akan berbagi beberapa cerita Alham padamu. Tunggu di tulisan-tulisanku berikutnya :D


Sumber Gambar:
thejakartapost.com
lucas2012infos.wordpress.com 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Koas Mata di FK UGM

15 April 2016, stase THT resmi berakhir. Senang karena telah rampung 1 stase, senang karena semakin dekat dengan kelulusan, senang THT dapat berakhir bahagia. Yeyeyeyeyey akhirnya selesai juga. Namun di saat yang sama, tiba-tiba rindu datang bersama langkah kaki yang menjauhi THT.                 Mata adala stase ke-2ku setelah THT. Jadwal kelompokku adalah jadwal yang terbilang “unik”. Stase-stase kecil (stase 4 minggu) ditaruh di awal, lalu stase besar (10 minggu) semua berderet di akhir. Pepatah berakit-rakit dahulu bersenang-senang kemudian sama sekali tidak dapat diterapkan pada kasus kami. Peribahasa kami adalah bersenang-senang dahulu lalu berenang tergopoh-gopoh kemudian. Sekarang kita akan masuk ke dalam dunia mata, dunia yang terdiri dari sebuah bola dengan berbagai macam struktur di dalamnya. Tahukah kamu bahwa salah satu struktur di mata bernama iris, iris merupakan bahasa latin yang berarti pelangi. Apakah Jamrud ketika membuat lagu pelangi di matamu dia belajar kedokteran?…

Intermezzo Metafisis, Struktur Tulang dan Analoginya

1. Diafisis: bagian tengah, yang panjang
2. Epifisis: bagian ujung ujung, proximal dan distal (pangkal dan akhir)  3. Metafisis: di antara. Saat tulang masih tumbuh terbentuk metafisis di antara epifisis (ujung) dan diafisis (tengah). Seperti ada celah agar tulang bisa menambah panjangnya. Kalau tidak ada celah tersebut tulang seperti tidak bisa bergerak karena sudah tak ada ruang kosong. “Celah” / ruang di antar tersebut terisi oleh epifisial growth plate. 

Saat tulang sudah berhenti tumbuh, epifisal growth plate akan hilang terganti oleh epifisial line. Lucu ya, epifisial growth plate seperti “memberikan” ruang pada tulang agar ia dapat tumbuh. Namun ketika ia sudah tumbuh, tulang “menggantikan”nya dengan yang lain, yaitu epifisial line. 
Jika dianalogikan dengan kehidupan seperti tak tahu diuntung. Namun jika dilihat dari sisi yang lain, mungkin saja si epifisial growth plate tidak ikut tumbuh bersama tulang. Sehingga tulang menjadi “terlalu baik” unt…

Verruca bukan Mata Ikan bukan Clavus

Pada post kali ini, aku akan berbagi pengetahuan tentang Verruca. Namanya keren ya, Verruca. Nama yang keren ini ternyata senang yang jorok-jorok. Sukanya sama tempat-tempat gelap. Terus suka yang basah-basah. Wah... dari semua ciri-ciri, itu menunjukkan bahwa verruca adalah.......... Penyakit kulit. Penyakit ini sering salah diartikan sebagai clavus atau mata ikan.