Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari September, 2011

Melihat Kesalahan Orang Lain

Sebuah kertas putih dengan sebuah noda hitam di atasnya diberikan kepada seorang anak kecil. Sang Ayah bertanya tentang kertas putih tersebut.
    "Nak, apa yang kamu lihat?"
     Anaknya menjawab "Noda hitam, Yah..."
    "Salah, ini merupakan kertas putih yang di atasnya ada noda."
    "Banyak orang yang hanya melihat noda hitam. Melupakan kertas putihnya. Seperti orang yang hanya melihat kesalahan orang lain, melupakan kebaikannya"

Analogi Bersama Bu Darmi

Pelajaran terakhir di Hari Jumat, Bahasa Indonesia. Kali ini membahas tentang induktif. Bagaimana suatu paragraf mempunyai kalimat pokok di akhir (kalau salah maaf ya..) Yak jadi singkatnya, paragraf induktif yang dibahas mempunyai 3 tipe. 1. Generalisasi 2. Analogi 3. Sebab akibat / akibat sebab. Langsung ke analogi yaa..      "Beberapa tahun lalu, ada murid yang romantis sekali, persis seperti ibu." pembukaan Bu Darmi ketika menjelaskan tentang analogi       "Cieelaah bu Darmi. Emang muridnya bilang apa bu?" Salah satu murid bertanya penasaran       "Cinta itu seperti pasir.. Ketika pasir digenggam terlalu kuat, pasir tersebut perlahan akan hilang sedikit demi sedikit. Begitu pula cinta, bila digenggam terlalu kuat akan hilang. Tapi bila dipegang dengan hati-hati dan lembut, pasir akan tetap berada di tangan, seperti halnya cinta"  Jelas bu Darmi kepada murid-muridnya       Analogi induktif merupakan sebuah paragraf yang berisi perbandingan yang mempu…

Kekuatan Pikiran! Ketika apa yang kita lihat.... Ternyata apa yang kita pikir

"The eye sees only what the mind is prepared to comprehend"

Mata hanya melihat apa yang dipikirkan. Ceritanya....

Di sebuah bimbingan belajar SMP di salah satu kawasan Jakarta
"Yak, sekarang kalian kerjakan no.25-30 buku Fisika bab optik yaaa, nanti 10 menit kita periksa" Perintah pengajar pada murid-muridnya.
Tentunya murid bukan robot yang hanya berkata iya, baik, oke, affirmative.
"Yahhh kakkk, kok gitu sih, gimana ini saya belum ngerti" Murid A memulai diskusi
"Kak ah ini soal mah susah banget saya gak bisa kak. Jelasin dulu dong" Murid B menimpal
Murid C tak mau kalah "Oke kak, aku coba dulu ya" Namun... Ia berbicara hal yang berbeda

tik.. tak.. tik.. tak... Dentingan jam dinding terus berjalan lambat. Satu per satu pulpen digigiti sampai bagian atasnya lecet tak karuan. Meja-meja nyeri kesakitan karena diketuk-ketuk.
5 Menit kemudian................

"Yak anak-anak gimana soalnya pada bisa gak?" Ucap sang guru penuh sen…

Quote Buku 5cm

"Walaupun manusia tidak akan pernah bisa memutar kembali waktu untuk mengulang kembali semuanya dari awal, Tuhan telah memberikan kebebasan bahwa setiap manusia bisa memulai kembali semuanya dari sekarang. Untuk membuat akhir yang baru. Akhir yang lebih indah" - 5cm

Ucapan Selamat Idul Fitri

Yesterday is a history. Tomorrow is a mystery. Today is a gift, that's why it called present. Yesterday is a history. Yang kemarin adalah sejarah. Sebuah sejarah akan menarik dibaca bila berisi hal-hal yang kita sukai.Tomorrow is a mystery. Esok adalah misteri, tiada yang tau esok akan menjadi apa. Bahkan.... Kita tidak tau apakah kita masih mempunyai esok... Hari ini adalah hadiah. Masih diberi nyawa dan sebuah hari. Mari membuat sejarah yg kita sukai, mencabut halaman halaman yg ternoda oleh kesalahan-kesalahan yg tidak disukai. Mengantisipasi bahwa esok tiada lagi. Memaksimalkan hari ini sebagai hadiah yg luar biasa dari Allah. Mohon maaf lahir dan batin, menyambut 1 syawal 1432H