Langsung ke konten utama

Rangkuman BAB 7 : Mencari dan Mengelola Informasi

copyright amgah
Internet merupakan gudang segala informasi yang tiada batas. Namun karena begitu banyak informasi, kita sering mengalami kesulitan mendapatkan informasi yang kita butuhkan. Untuk menangani masalah tersebut, dibuatlah program dengan nama mesin pencari atau search engine.
A. Mesin Pencari
Mesin pencari adalah program komputer yang dirancang untuk membantu seseorang menemukan file-file yang disimpan dalam komputer, misalnya dalam sebuah server umum di web (WWW) atau dalam komputer sendiri. Mesin pencari memungkinkan kita untuk meminta content media dengan kriteria yang spesifik (biasanya yang berisi kata atau frasa yang kita tentukan) dan memperoleh daftar file yang memenuhi kriteria tersebut. Mesin pencari biasanya menggunakan indeks (yang sudah dibuat sebelumnya dan dimutakhirkan secara teratur) untuk mencari file setelah pengguna memasukkan kriteria pencarian.
Dalam konteks Internet, mesin pencari biasanya merujuk kepada WWW dan bukan protokol ataupun area lainnya. Selain itu, mesin pencari mengumpulkan data yang tersedia di newsgroup, database besar, atau direktori terbuka seperti DMOZ.org. Karena pengumpulan datanya dilakukan secara otomatis, mesin pencari berbeda dengan direktori Web yang dikerjakan manusia.
Sebagian besar mesin pencari dijalankan oleh perusahaan swasta yang menggunakan algoritma kepemilikan dan database tertutup - yang paling populer adalah Google (MSN Search dan Yahoo! tertinggal sedikit di belakang). Telah ada beberapa upaya menciptakan mesin pencari dengan sumber-terbuka (open-source), contohnya adalah Htdig, Nutch, Egothor dan OpenFTS.
Kriteria untuk menentukan sebuah mesin pencari yang andal :
Mempunyai database yang besar dan up-to-date.
Tidak memiliki spam dan memberikan hasil pencarian yang relevan.
Mempunyai kecerdasan buatan yang baik.
Beberapa contoh search engine yang popular :
Google
Yahoo
Altavista
Lycos
Cara kerja mesin pencari
Mesin pencari web bekerja dengan cara menyimpan informasi tentang banyak halaman web, yang diambil langsung dari WWW. Halaman-halaman ini diambil dengan web crawler — browser web otomatis yang mengikuti setiap pranala yang dilihatnya. Isi setiap halaman lalu dianalisis untuk menentukan cara mengindeksnya (misalnya, kata-kata diambil dari judul, subjudul, atau field khusus yang disebut meta tag). Data tentang halaman web disimpan dalam sebuah database indeks untuk digunakan dalam pencarian selanjutnya. Sebagian mesin pencari, seperti Google, menyimpan seluruh atau sebagian halaman sumber (yang disebut cache) maupun informasi tentang halaman web itu sendiri.
Ketika seorang pengguna mengunjungi mesin pencari dan memasukkan query, biasanya dengan memasukkan kata kunci, mesin mencari indeks dan memberikan daftar halaman web yang paling sesuai dengan kriterianya, biasanya disertai ringkasan singkat mengenai judul dokumen dan terkadang sebagian teksnya.
Ada jenis mesin pencari lain: mesin pencari real-time, seperti Orase. Mesin seperti ini tidak menggunakan indeks. Informasi yang diperlukan mesin tersebut hanya dikumpulkan jika ada pencarian baru. Jika dibandingkan dengan sistem berbasis indeks yang digunakan mesin-mesin seperti Google, sistem real-time ini unggul dalam beberapa hal: informasi selalu mutakhir, (hampir) tak ada pranala mati, dan lebih sedikit sumberdaya sistem yang diperlukan. (Google menggunakan hampir 100.000 komputer, Orase hanya satu.) Tetapi, ada juga kelemahannya: pencarian lebih lama rampungnya.
Manfaat mesin pencari bergantung pada relevansi hasil-hasil yang diberikannya. Meskipun mungkin ada jutaan halaman web yang mengandung suatu kata atau frase, sebagian halaman mungkin lebih relevan, populer, atau autoritatif daripada yang lain. Kebanyakan mesin pencari menggunakan berbagai metode untuk menentukan peringkat hasil pencarian agar mampu memberikan hasil "terbaik" lebih dahulu. Cara mesin menentukan halaman mana yang paling sesuai, dan urutan halaman-halaman itu diperlihatkan, sangat bervariasi. Metode-metodenya juga berubah seiring waktu dengan berubahnya penggunaan internet dan berevolusinya teknik-teknik baru.
Sebagian besar mesin pencari web adalah usaha komersial yang didukung pemasukan iklan dan karenanya sebagian menjalankan praktik kontroversial, yaitu membolehkan pengiklan membayar agar halaman mereka diberi peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian.
Beberapa Tips Mencari dengan Menggunakan Mesin Pencari
Filetype: Option ini digunakan untuk mencari tipe file tertentu. Contoh: filetype: xls -> untuk mencari file MS Excel filetype:doc -> untuk mencari file MS Word
Inurl: Option ini digunakan untuk mencari kata tertentu yang "masuk" sebagai url. Dengan option ini Anda dapat melakukan pencarian pada pencarian folder tertentu (jika dikombinasikan dengan option "index of"). Contoh: inurl:admin -> pencarian ini menghasilkan url website yang mempunyai kata "admin"
Site: Option ini secara spesifik digunakan untuk melakukan pencarian pada situs tertentu. Contoh: site:torry.net "xp style" --> mencari dengan keyword "xp style" pada situs www.torry.net
Intitle: Option ini digunakan untuk mencari kata tertentu yang terdapat pada title dari halaman web.
Link: Option ini digunakan untuk mengetahui situs mana saja yang nge-link ke situs tertentu. Contoh: link:delphi3000.com --> mencari situs yang mempunyai link ke www.delphi3000.com
Anda dapat mengkombinasikan berbagai option di atas untuk mendapatkan hasil pencarian yang lebih spesifik. Contoh: pdf "rapidshare.de/files" site:rapidshare.de --> untuk mencari buku atau file pdf di rapidshare.de
+inurl:exe|rar|zip site:rapidshare.de --> untuk mencari program, aplikasi di rapidshare.de
Anda dapat mengganti site:rapidshare.de menjadi site:megaupload.com untuk mencari file di MegaUpload
Berbagai Fitur Google yang lain
Pencarian Gambar
Pencarian Blog
Menampilkan File PDF dan Doc
Menampilkan halaman yang mirip
Pembatasan Domain
Saya Sedang Beruntung
Direktori Web
Kumpulan alamat-alamat URL dari website yang disusun berdasarkan kategori tertentu agar mudah dipahami. Salah satu website yang dilengkapi dengan mesin pencari dan direktori web adalah Yahoo (www.yahoo.com). Langkah-langkah :
Tampilkan website Yahoo.
Pilihlah direktori web yang ingin kita cari, misalnya Entertainment.
Direktori web yang lebih kecil akan ditampilkan. Pilihlah direktori web seterusnya sampai direktori tersebut sudah cukup spesifik, seperti Movies and Film.
Masukkan kata kunci pencarian di kotak teks Search. Tekan tombol Find.
Bukalah halaman web yang ditampilkan dari daftar website halaman pencarian.
B. Mengelola Informasi dari Internet
Membuka halaman web hasil pencarian
Di halaman web hasil pencarian, carilah website yang ingin ditampilkan.
Klik kanan di teks link dari website yang ingin ditampilkan.
Pada menu yang muncul, klik Open untuk membuka halaman web di jendela browser yang aktif.
Menyimpan Halaman Web
Dari menu File, klik Save. Kotak dialog Save Web Page akan ditampilkan.
Tentukan folder penyimpanan di kotak pilihan Save in.
Di kotak isian File name, browser akan memberikan nama file dari halaman web yang akan disimpan. Kita dapat menggantinya.
Klik tombol Save
Menyimpan Gambar dari Sebuah Halaman Web
Gerakkan pointer mouse ke gambar yang akan disimpan. Toolbar gambar akan ditampilkan di atas gambar yang bersangkutan.
Klik tombol “Save This Image”. Kotak dialog Save Picture akan ditampilkan.
Pilihlah folder penyimpanan, lalu beri nama.
Klik tombol Save
Mencetak Halaman Web
Dari menu File, klik Print. Kotak dialog Print akan ditampilkan.
Klik Print. Kotak dialgo Print akan ditampilkan.
Pilihlah printer yang digunakan.
Aturlah pencetakan halaman web page yang akan dilakukan.
Klik tombol Print. Halaman web akan dicetak.
Mencatak Gambar dari Web
Gerakkan pointer mouse ke gambar yang akan disimpan.
Klik tombol “print this image”.
Pilihlah printer yang digunakan.
Klik tombol Print.
Mendownload File
Beberapa website tidak menampilkan informasi dalam bentuk web, melainkan menyimpan file dalam bentuk file-file. File-file tersebut tidak bisa ditampilkan di jendela browser secara langsung, karena itu harus didownload terlebih dahulu. Langkah-langkah untuk mendownload:
Klik teks tempat file tersebut dilink.
Kita dapat membuka langsung file yang akan didownload dengan mengklik tombol Open. Jika ingin mendownload, klik tombol Save.
Tentukan folder penyimpanan file tersebut.
Klik tombol Save
Tunggu sampai proses download selesai.
Klik tombol Open untuk membuka file yang sudah didownload.
Copy dan Paste
Jika kita menyimpan sebuah halaman web, semua teks dan gambar di halaman tersebut akan kita simpan ke harddisk kita. Kadang kita hanya membutuhkan sebagian dari halaman tersebut, oleh karena itu kita bisa mengcopy-paste. Langkah untuk melakukannya:
Aktifkan halaman web yang akan dikopi.
Blok semua teks yang ingin kita copy.
Dari menu Edit, klik Copy. Atau tekan Ctrl+C di keyboard.
Jalankan Word dan buatlah dokumen baru.
Di jendela Word, dari menu Edit klik Paste. Atau Ctrl+V di keyboard.
Simpanlah dokumen tersebut

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Koas Mata di FK UGM

15 April 2016, stase THT resmi berakhir. Senang karena telah rampung 1 stase, senang karena semakin dekat dengan kelulusan, senang THT dapat berakhir bahagia. Yeyeyeyeyey akhirnya selesai juga. Namun di saat yang sama, tiba-tiba rindu datang bersama langkah kaki yang menjauhi THT.                 Mata adala stase ke-2ku setelah THT. Jadwal kelompokku adalah jadwal yang terbilang “unik”. Stase-stase kecil (stase 4 minggu) ditaruh di awal, lalu stase besar (10 minggu) semua berderet di akhir. Pepatah berakit-rakit dahulu bersenang-senang kemudian sama sekali tidak dapat diterapkan pada kasus kami. Peribahasa kami adalah bersenang-senang dahulu lalu berenang tergopoh-gopoh kemudian. Sekarang kita akan masuk ke dalam dunia mata, dunia yang terdiri dari sebuah bola dengan berbagai macam struktur di dalamnya. Tahukah kamu bahwa salah satu struktur di mata bernama iris, iris merupakan bahasa latin yang berarti pelangi. Apakah Jamrud ketika membuat lagu pelangi di matamu dia belajar kedokteran?…

Mengapa Aku Menikah Part 1

Prolog
Berulang kali tulisan ini aku biarkan terkatung dalam daftar draftKenapa harus aku post? orang yang tidak percaya akan menghina minimal mengingkari. Orang yang percaya tak perlu repot-repot baca ini karna sudah percaya. Orang yang bingung? hm. Karena terhenti pada kalimat tanya itu akhirnya memberanikan diri untuk merampungkan Mengapa Aku Menikah.
Cukup banyak yang bertanya "kok bisa sih? gimana ceritanya?" tak sedikit pula yang meminta "di post dong di blog" Pertanyaan bisa kujawab namun postingan blog kadang kutolak.  Modal dari membaca ini mungkin sebuah keraguan. Aku pun menikah berawal dari keraguan, dulu aku ragu karena sebagai seorang mahasiswa kedokteran yang mainstream aku tak punya penghasilan. Namun waktu berjalan akhirnya menyadari bahwa keraguanku bukan semata-mata karena penghasilan. Keraguanku muncul akibat aku lemah ilmu, tak punya ilmu mengenai pernikahan.
Tak perlu aku jelaskan panjang lebar mengenai pencarian orang, siapa jodohku?. Kare…

Intermezzo Metafisis, Struktur Tulang dan Analoginya

1. Diafisis: bagian tengah, yang panjang
2. Epifisis: bagian ujung ujung, proximal dan distal (pangkal dan akhir)  3. Metafisis: di antara. Saat tulang masih tumbuh terbentuk metafisis di antara epifisis (ujung) dan diafisis (tengah). Seperti ada celah agar tulang bisa menambah panjangnya. Kalau tidak ada celah tersebut tulang seperti tidak bisa bergerak karena sudah tak ada ruang kosong. “Celah” / ruang di antar tersebut terisi oleh epifisial growth plate. 

Saat tulang sudah berhenti tumbuh, epifisal growth plate akan hilang terganti oleh epifisial line. Lucu ya, epifisial growth plate seperti “memberikan” ruang pada tulang agar ia dapat tumbuh. Namun ketika ia sudah tumbuh, tulang “menggantikan”nya dengan yang lain, yaitu epifisial line. 
Jika dianalogikan dengan kehidupan seperti tak tahu diuntung. Namun jika dilihat dari sisi yang lain, mungkin saja si epifisial growth plate tidak ikut tumbuh bersama tulang. Sehingga tulang menjadi “terlalu baik” unt…