Langsung ke konten utama

Rangkuman Bab 8 Chatting

copyright amgah

Internet Relay Chat (IRC) adalah suatu bentuk komunikasi di Internet yang diciptakan untuk komunikasi kelompok di tempat diskusi yang dinamakan channel (saluran), tetapi juga bisa untuk komunikasi jalur pribadi.
IRC diciptakan oleh Jarkko Oikarinen (nickname "WiZ") pada akhir Agustus 1988 untuk menggantikan program di BBS yang disebut MUT (MultiUser Talk), di Finlandia di sebut OuluBOX. Oikarinen menemukan inspirasi Bitnet Relay Chat yang beroperasi di dalam Jaringan Bitnet. Berkomunikasi dengan IRC disebut Chatting
Chatting : salah satu fasilitas di internet yang banyak digunakan oleh seluruh umat manusia di dunia dari berbagai macam usia. Chatting sendiri adalah sarana komunikasi di internet melalui teks. Contoh fasilitas chatting yang banyak digunakan adalah Yahoo Messenger, mIRC, dan MSN.

A. Simbol dan Singkatan dalam Chatting

Singkatan Arti
wb Welcome back
Asap As soon as possible
Imo In my opinion
Jk Just kidding
Brb Be right back
Cul See you later
Cu See you
Oic Oh I see
Thx Thanks
Btw By the way
Gtg Got to go
Asl Age, sex, location
Pls Please
Gpp Nggak apa-apa
Co Cowok
Ce Cewek
Np,nop No problem
B4 Before
Dc disconnected


Simbol Arti Simbol Arti
:-) Senang :-P Mengejek, menjulurkan lidah
:-)8 Sangat senang :-( Sedih
:-} Tersenyum lebar :’-( Menangis
:) Tersenyum :-| | Marah
:( Cemberut >-<>:- Baik hati %-6 Mati kutu
() Peluk %*@:-C Komputer hang
=:o Terkejut : - | Hmmm

B. Etika Chatting
Gunakan Bahasa yang sopan
Jangan menggunakan huruf besar. Orang akan menganggap kita sedang marah dan berteriak.
Jangan melakukan spam.
Jangan menggunakan warna yang mencolok
Jangan bicara mengenai topik yang tidak sopan
Hindari pertengkaran atau perdebatan

C. Manfaat dan Dampak Buruk Chatting

Manfaatnya:
Sarana murah dan mudah
Komunikasi dapat berjalan dengan cepat
Mengungkapkan kata-kata yang sulit diucapkan
Mendapatkan teman baru dengan mudah
Sarana belajar dan diskusi

Dampak buruknya:
Mengobrol yang tidak senonoh
Terkena virus
Ketagihan
Berhubungan dengan orang yang tidak jelas

D. Menggunakan mIRC
mIRC : merupakan perangkat lunak untuk Internet Relay Chat atau percakapan daring yang jalan di atas sistem operasi Windows. mIRC diciptakan tahun 1995 oleh Khaled Mardam-Bey, berguna untuk berbincang (chatting) antar sesama pengguna mIRC di seluruh dunia. Perangkat lunak ini memiliki pengguna terbanyak dalam kategori chatting, terbukti setelah perangkat lunak ini diunduh sebanyak 9.129.578 kali dari CNET pada Oktober 2007. Nielsen-Net [1] memasukan mIRC ke dalam daftar "10 applikasi internet terbaik" tahun 2003.
Dengan tersedianya skrip, para pengguna bisa mengatur cara bekerja mIRC sebebas-bebasnya. Huruf 'm' dalam singkatan mIRC belum diketahui pasti, tetapi dalam FAQ (Pertanyaan yang sering ditanyakan) dalam FORUM mIRC, pihak mIRC mengatakan 'm' adalah singkatan dari "Moo".
mIRC bersifat shareware. Kita dapat menginstall dan menggunakannya selama 30 hari. Sebelum masa itu habis, kita harus mendaftar dan membayar biaya pendaftaran.
Kelebihan
· Adanya script yang dapat membuat mIRC dapat diatur sebebas-bebasnya.
Kekurangan
· Anda tidak bisa berbincang dengan media suara dan gambar seperti di Yahoo Messenger atau CamFrog atau MSN. Anda hanya bisa berbincang dengan basis teks.
· Tidak bisa memilih regional / domisili dari teman chatting kita secara pasti.

Mengganti Nickname

Klik menu Commands
Klik Change nick
Masukkan nickname yang baru
Klik OK

E. Menggunakan Yahoo Messenger

Yahoo Messenger atau YM, merupakan program layanan chatting dari Yahoo!. YM ini juga menyediakan fasilitas webcam, chatting dengan menggunakan suara, dll, jika kita memliki kamera dan mikrofon.
Untuk menggunakan fasilitas YM, kita harus memiliki ID Yahoo! terlebih dahulu. ID dapat dibuat di website Yahoo!. Jika kita sudah memiliki program YM, bukalah. Jika belum, dapat diinstal dari website Yahoo!. Saat jendela YM muncul, masukkanlah ID dan password. Untuk memulai proses chatting, kita harus memiliki kontak. Klik tombol Add Contact lalu masukkan ID teman kita. Saat dia online, klik di namanya 2 kali, dan kita dapat memulai proses chatting.
YM juga memiliki ruang chatting. Kita dapat memilih ruang chatting yang kita inginkan dan memilih orang yang kita ajak chatting. Langkah-Langkah:
1) Dari menu Messenger, pilihlah Yahoo! Chat dan klik Join a Room
2) Pilih kategori dimana kita ingin chatting
3) Pilih subkategori dan kemudian klik tombol Go to Room
4) Klik tombol Enter Chat
5) Selamat chatting

Mengganti Status

Dari menu Messenger, klik pilihan My Status kemudian klik status yang diinginkan, atau klik New Status untuk menambahkan status yang baru
Ketik pesan di status yang ingin ditampilkan.
Klik tombol OK

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Koas Mata di FK UGM

15 April 2016, stase THT resmi berakhir. Senang karena telah rampung 1 stase, senang karena semakin dekat dengan kelulusan, senang THT dapat berakhir bahagia. Yeyeyeyeyey akhirnya selesai juga. Namun di saat yang sama, tiba-tiba rindu datang bersama langkah kaki yang menjauhi THT.                 Mata adala stase ke-2ku setelah THT. Jadwal kelompokku adalah jadwal yang terbilang “unik”. Stase-stase kecil (stase 4 minggu) ditaruh di awal, lalu stase besar (10 minggu) semua berderet di akhir. Pepatah berakit-rakit dahulu bersenang-senang kemudian sama sekali tidak dapat diterapkan pada kasus kami. Peribahasa kami adalah bersenang-senang dahulu lalu berenang tergopoh-gopoh kemudian. Sekarang kita akan masuk ke dalam dunia mata, dunia yang terdiri dari sebuah bola dengan berbagai macam struktur di dalamnya. Tahukah kamu bahwa salah satu struktur di mata bernama iris, iris merupakan bahasa latin yang berarti pelangi. Apakah Jamrud ketika membuat lagu pelangi di matamu dia belajar kedokteran?…

Mengapa Aku Menikah Part 1

Prolog
Berulang kali tulisan ini aku biarkan terkatung dalam daftar draftKenapa harus aku post? orang yang tidak percaya akan menghina minimal mengingkari. Orang yang percaya tak perlu repot-repot baca ini karna sudah percaya. Orang yang bingung? hm. Karena terhenti pada kalimat tanya itu akhirnya memberanikan diri untuk merampungkan Mengapa Aku Menikah.
Cukup banyak yang bertanya "kok bisa sih? gimana ceritanya?" tak sedikit pula yang meminta "di post dong di blog" Pertanyaan bisa kujawab namun postingan blog kadang kutolak.  Modal dari membaca ini mungkin sebuah keraguan. Aku pun menikah berawal dari keraguan, dulu aku ragu karena sebagai seorang mahasiswa kedokteran yang mainstream aku tak punya penghasilan. Namun waktu berjalan akhirnya menyadari bahwa keraguanku bukan semata-mata karena penghasilan. Keraguanku muncul akibat aku lemah ilmu, tak punya ilmu mengenai pernikahan.
Tak perlu aku jelaskan panjang lebar mengenai pencarian orang, siapa jodohku?. Kare…

Intermezzo Metafisis, Struktur Tulang dan Analoginya

1. Diafisis: bagian tengah, yang panjang
2. Epifisis: bagian ujung ujung, proximal dan distal (pangkal dan akhir)  3. Metafisis: di antara. Saat tulang masih tumbuh terbentuk metafisis di antara epifisis (ujung) dan diafisis (tengah). Seperti ada celah agar tulang bisa menambah panjangnya. Kalau tidak ada celah tersebut tulang seperti tidak bisa bergerak karena sudah tak ada ruang kosong. “Celah” / ruang di antar tersebut terisi oleh epifisial growth plate. 

Saat tulang sudah berhenti tumbuh, epifisal growth plate akan hilang terganti oleh epifisial line. Lucu ya, epifisial growth plate seperti “memberikan” ruang pada tulang agar ia dapat tumbuh. Namun ketika ia sudah tumbuh, tulang “menggantikan”nya dengan yang lain, yaitu epifisial line. 
Jika dianalogikan dengan kehidupan seperti tak tahu diuntung. Namun jika dilihat dari sisi yang lain, mungkin saja si epifisial growth plate tidak ikut tumbuh bersama tulang. Sehingga tulang menjadi “terlalu baik” unt…