Langsung ke konten utama

Verruca bukan Mata Ikan bukan Clavus



       Pada post kali ini, aku akan berbagi pengetahuan tentang Verruca. Namanya keren ya, Verruca. Nama yang keren ini ternyata senang yang jorok-jorok. Sukanya sama tempat-tempat gelap. Terus suka yang basah-basah. Wah... dari semua ciri-ciri, itu menunjukkan bahwa verruca adalah.......... Penyakit kulit. Penyakit ini sering salah diartikan sebagai clavus atau mata ikan.
         Selain terletak di nama, perbedaan verruca dan clavus terletak di penyebab. Penyebab verruca adalah virus. Sedangkan penyebab clavus adalah tulisan yang salah tulis. Ada orang yang minjem, “Eh, clavus dong” (penghapus). Baik serius, penyebab clavus adalah tekanan. Tapi bukan tekanan batin, tekanan dalam arti sesungguhnya.
       Karena gambar di internet suka melebih-lebihkan, maka saya tidak menambahkannya dalam post kali ini. Dari visualisasi kata. Penyakit ini ditandai dengan penebalan pada kulit. Kulit terasa menebal kemudian seperti berisi bulatan hitam. Kulit yang terkena verruca akan terlihat menonjol dan terasa kasar serta tebal. Berbeda dari kulit-kulit sekitarnya yang normal. Biasanya terletak pada bagian kaki atau tangan. Khususnya bagian yang rawan kelembaban.
        Untuk membedakan secara jelas mana verruca mana clavus. Silahkan bertanya kepada dokter. Perlu ditekankan bahwa gambar yang ada di internet suka melebih-lebihkan. Dan biasanya gambar yang sediakan adalah penyakit dalam tingkat yang sudah parah. Tingkat ringan verruca hanyalah terdiri dari satu atau dua tonjolan kecil. Pada tingkat inilah sebaiknya segera diobati.
       Pencegahan: Jagalah kebersihan kulit terutama pada sela-sela jari. Setelah dicuci dikeringkan sampai benar-benar kering. Jaga kelembaban sepatu agar tidak lembab dan tetap kering. Kemudian bertemanlah pada Matahari. Karena matahari adalah musuh besar virus. Hati-hati terhadap lembab, karena virus jatuh cinta pada lembab.
     Pengobatan: Untuk upengobatan. Yang terbaik adalah pergi ke dokter kesayangan. Karena dokter akan melihat langsung tindakan apa yang terbaik.
       Saran: Umumnya orang takut dan malu mengakui bahwa ia telah terserang verruca. Padahal jika verruca dibiarkan, verruca akan menyebar dan semakin parah. Lebih baik diobati lebih dini. Karena jika telah terserang, harus bertahan dan melawan. Jika sudah dikepung akan lebih kewalahan. Lebih cepat lebih baik. Untuk tingkat keparahan rendah, verruca dapat diobati tanpa rasa sakit yang berarti. Semakin tinggi tingkat keparahan semakin besar rasa sakit yang harus dilawan.
      Bagi korban verruca. Terserang verruca hanyalah setitik kecil perjalanan hidup yang akan dilewati, setitik kecil pengganggu yang hanya numpang lewat. Kita akan melewati titik itu. Kembali menjalani kehidupan normal, melupakan verruca, melupakan rasa malu, melupakan sakit yang diderita.  
        Salam kesehatan. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Lebih baik mengobati daripada tidak sama sekali. Jangan berputus asa dari rahmat Tuhan. Tuhan selalu mempunyai cara yang tidak disangka untuk menolong hamba-Nya. Karena Tuhan adalah sebaik-baiknya penolong dan pelindung

sumber: pengalaman pribadi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pidato dan Gombal di Musim Pancaroba

Pidato: Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Salam sejahtera bagi kita semua dan segala puji bagi Tuhan Yang Maha Esa karna berkat rahmat dan karunianya kita dapat berdiskusi di dunia maya ini. Pada kesempatan kali ini saya ingin menyampaikan sebuah pidato tentang musim pancaroba. Dewasa kini banyak sekali terlihat penyakit di lingkungan saya. Saat ini sedikitnya 5 orang telah terjangkit demam berdarah dan belasan lainnya terjangkit pilek. Di musim pancaroba ini hendaknya kita lebih extra waspada untuk menjaga kesehatan dan kebugaran. Kita juga harus memerhatikan lingkungan dengan buang sampah pada tempatnya mulai dari diri sendiri. Sampah-sampah dapat menjadi tempat genangan air bersih. Genangan air tersebut adalah SARANG NYAMUK DEMAM BERDARAH! Maka dari itu saya menghimbau kepada seluruh teman-teman untuk menjaga lingkungan kita jangan sampai orang terdekat kita menjadi korban dari ganasnya demam berdarah. Di mulai dari diri sendiri, dari yang kecil, dan dar

Lima Tips Koas IPD FK UGM

Banyak sekali hal-hal yang tidak tertulis dalam peraturan namun dalam kenyataan sangat dipegang. Contoh; ketuk pintu saat hendak memasuki ruangan. Pastilah kertas peraturan semakin penuh jika setiap peraturan tidak tertulis ikut ditulis. Sayangnya masih ada saja beberapa koas yang mungkin lupa kalau ada hal tersebut. Oleh karena itu kewajiban bagi koas yang ingat untuk mengingatkan. Kalau yang lupa tidak mau mengingatkan, semoga Tuhan mengingatkannya. Namun, kita di sini tidak membahas peraturan tak tertulis melainkan tips tak tertulis. Beberapa tempo lalu -- di sini -- aku telah menuliskan bagaimana koas dituntut untuk memiliki inisiatif. Namun sayangnya, pendidikan kita tidak sinergis untuk mendidik kami menjadi pribadi inisiator. Contoh? Ada bagian dimana salah menginisiasi berakibat fatal, lebih baik manggut-manggut angguk-angguk. Lalu hadirlah artikel ini yang semoga dapat membantu Anda jika ingin IPD lebih bermanfaat. Tentunya pembaca lain sangat diundang untuk berbagi

AMSA, Aku, Kamu, dan Kita

Halo :D artikel kali ini adalah artikel kampanye untuk pemilihan Representative AMSA UGM 2013/2014. Pertama, perlu digarisbawahi bahwa kampanye ini bersifat individu dan tidak diperbolehkan adanya tim sukses. Kedua, kampanye dilakukan dari hari Rabu sampai hari Jumat. Karena waktu kampanye sedikit dan tenaga kampanye adalah individu, maka aku menggunakan blog sebagai salah satu media kampanye. Kenapa blog? Karena di sini semua dapat membaca dan di sini dapat menulis banyak :). Aku sangat terbuka dengan masukan, saran, atau kritik baik untuk AMSA atau untukku. Teman-teman bisa menuliskan hal-hal tersebut di kolom komentar atau langsung mengemailku di amgah01@yahoo.com AMSA, Aku, Kamu, dan Kita. Aku, Abdi Marang Gusti Alhaq (Amgah), mencalonkan diri sebagai Representative AMSA UGM 2013/2014 dengan visi: Menjadikan seluruh divisi dan tim AMSA UGM tumbuh dengan rasa cinta dan bangga serta semangat kekeluargaan yang erat dalam satu organisasi AMSA UGM. Penjelasan