Langsung ke konten utama

Hidup Karena Salah


Sehari yang lalu aku sedang berdiskusi dengan salah seorang temanku. Kami membicarakan tentang kesalahan dan bagaimana bisa lebih dekat pada yang benar. Aku jadi teringat dulu ada juga orang yang bercerita padaku tentang kesalahannya. Di samping kesalahan orang lain, aku juga mengingat kesalahanku sendiri.
                Banyak macam kesalahan dari yang kecil dan lucu sampai kesalahan besar dan tak pantas untuk dibahas. Lalu aku juga menyadari banyak hal untuk sadar dari hal yang kecil sampai hal yang besar. Fokusnya bukan pada kesalahannya, melainkan pada bagaimana berubah dari kesalahan tersebut. Bagaimana untuk sadar dan merubah posisi menjadi lebih baik.

                Contoh hal kecil. Ada seorang temanku yang bercerita bahwa temannya pernah minum alkohol, lalu temannya tersebut berubah karena hal yang simpel. Ia mengetahui bahwa minum khamar/alkohol membuat solatnya tidak diterima selama 40 hari. Jika aku pikir, alasannya untuk berhenti mabuk lucu juga. Tapi hal simpel tersebut membawanya pada posisi yang lebih baik. Temanku bilang bahwa sekarang temannya sudah menjauhi alkohol dan lebih dekat pada yoghurt. Bahkan temanku bilang, temannya sekarang sering puasa senin kamis.
                Contoh hal tak terduga. Ada seorang temanku yang aku tahu betul bahwa dirinya tak pernah memikirkan tentang agama kecuali ada pesantren kilat. Tiba-tiba di suatu hari yang sama seperti hari lainnya, ia memakai jilbab. Ketika kami mengobrol dan ia bercerita padaku tentang alasannya memakai jilbab, ia bercerita satu hal.
“Dulu gue gak peduli agama, terus gue main ke kamar nyokap. Ada buku agama, terus gue baca tuh. Kok menarik ya, terus gue nyesel kenapa gue gak merhatiin agama. Sejak itu gue jadi mendalami agama dan jadilah gue sekarang.”
Contoh hal besar. Temanku yang lain bercerita tentang temannya yang pernah tertangkap di suatu parkiran. Temannya yang tertangkap di parkiran, sebut saja “X” melakukan hal yang tidak senonoh bersama pasangannya. Sejak tertangkap, si X berubah dan sekarang ia sering puasa senin kamis, seperti si penyuka yoghurt. Sejak itu pula ia berhenti dari yang semu dan memelajari yang nyata.
Contoh hal umum. Seorang ketua, repre, presiden, kapten, panglima, semua yang menjadi pemimpin rawan melakukan kesalahan. Parahnya, jika anggotanya salah karena pemimpinnya, pemimpin akan diminta pertanggungjawabannya. Sulitnya, kesalahan pemimpin tak selalu diberitahu ke pemimpin. Ada yang tak peduli, mengumpat, atau menunggu si pemimpin sadar sendiri.

Umumnya, ada juga yang akan mengkritik, mengingatkan, dan menyadarkan. Melalui hal-hal tersebut seorang pemimpin bisa merefleksikan kepemimpinannya dan melakukan perbaikan. Kesalahan itu wajar dan lebih wajar lagi jika berhenti dan melakukan perbaikan. Namun, hidup kadang tak seindah yang diharapkan.
Kesalahan dari sudut orang pertama
                Mungkin beberapa orang pernah mengalami bahwa keluar dari kesalahan itu sulit, apalagi telah terbiasa. Kadang ada penghasut yang menggoda untuk tetap salah. Kadang juga, lingkunganlah yang mendukung untuk tetap berbuat salah.
                Akan tetapi, pada akhirnya semua tergantung pada usaha dan doa. Mulai dari diri sendiri, mulai dari sekarang, mulai dari hal yang kecil. Banyak hal simpel, tak terduga, atau umum untuk belajar dari kesalahan. Tinggal bagaimana mencari kesempatan dan menekuni apa yang ditekuni. Percaya juga bahwa Tuhan Maha pengasih dan Maha Penyayang.
Di dalam hati, ada harap untuk menemukan seseorang yang selalu mengingatkan bahwa “Pilihlah yang nyata walaupun ada yang semu. Korbankan ‘kebahagiaan’ sementara untuk kebahagiaan yang lebih lama. Eh itu salah sini yok bareng aku, kita sama-sama belajar buat jadi yang lebih baik. Aku juga pernah salah, aku ngerti rasanya salah.” Rasanya hidup sangat indah ketika bisa menemukan orang itu. Ketika orang yang dicintai mau saling mengajak untuk lebih baik lagi. 

Kesalahan dari sudut orang ketiga
Aku menyayangkan orang-orang yang mencaci maki orang yang salah. Masih banyak orang yang tertawa melihat kesalahan orang lain atau ada juga yang mengasingkan si bersalah. Bagaimana jika si bersalah adalah orang yang ingin berubah dari kesalahannya? Ketika ia menemui lingkungan yang buruk, ia dapat mengalami stress dan tetap memilih jalan yang salah. Karena ia merasa diterima di jalan yang salah dan ditolak ketika ia ingin berubah.
Bagaimana jika si bersalah ingin berubah menjadi seseorang yang lebih baik lagi. Kemudian ia menemui lingkungan yang merangkulnya. Memberi tahunya bahwa everything is gonna be okay if you want to be better. Mengajarinya bagaimana yang benar. Dan mengingatkannya jika ia terlupa. Bukankah itu lebih mudah bagi si bersalah dan lebih indah bagi dunia?
                Fiuh, rampunglah hasil renungan malam itu dan pagi ini. Akhir kata aku mengutip:
“Kemudian, sesungguhnya Tuhanmu mengampuni orang yang mengerjakan kesalahan karena kebodohannya, kemudian mereka bertobat setelah itu dan memperbaiki dirinya. Sungguh, Tuhanmu benar-benar Maha Pengampun, Maha Penyayang” - An-Nahl: 119
Semoga bermanfaat :)


Sumber gambar:
http://fc00.deviantart.net/
http://spccrossfit.com
http://www.worldwar2-militaria.com
http://images.fineartamerica.com/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pidato dan Gombal di Musim Pancaroba

Pidato: Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Salam sejahtera bagi kita semua dan segala puji bagi Tuhan Yang Maha Esa karna berkat rahmat dan karunianya kita dapat berdiskusi di dunia maya ini. Pada kesempatan kali ini saya ingin menyampaikan sebuah pidato tentang musim pancaroba. Dewasa kini banyak sekali terlihat penyakit di lingkungan saya. Saat ini sedikitnya 5 orang telah terjangkit demam berdarah dan belasan lainnya terjangkit pilek. Di musim pancaroba ini hendaknya kita lebih extra waspada untuk menjaga kesehatan dan kebugaran. Kita juga harus memerhatikan lingkungan dengan buang sampah pada tempatnya mulai dari diri sendiri. Sampah-sampah dapat menjadi tempat genangan air bersih. Genangan air tersebut adalah SARANG NYAMUK DEMAM BERDARAH! Maka dari itu saya menghimbau kepada seluruh teman-teman untuk menjaga lingkungan kita jangan sampai orang terdekat kita menjadi korban dari ganasnya demam berdarah. Di mulai dari diri sendiri, dari yang kecil, dan dar

Lima Tips Koas IPD FK UGM

Banyak sekali hal-hal yang tidak tertulis dalam peraturan namun dalam kenyataan sangat dipegang. Contoh; ketuk pintu saat hendak memasuki ruangan. Pastilah kertas peraturan semakin penuh jika setiap peraturan tidak tertulis ikut ditulis. Sayangnya masih ada saja beberapa koas yang mungkin lupa kalau ada hal tersebut. Oleh karena itu kewajiban bagi koas yang ingat untuk mengingatkan. Kalau yang lupa tidak mau mengingatkan, semoga Tuhan mengingatkannya. Namun, kita di sini tidak membahas peraturan tak tertulis melainkan tips tak tertulis. Beberapa tempo lalu -- di sini -- aku telah menuliskan bagaimana koas dituntut untuk memiliki inisiatif. Namun sayangnya, pendidikan kita tidak sinergis untuk mendidik kami menjadi pribadi inisiator. Contoh? Ada bagian dimana salah menginisiasi berakibat fatal, lebih baik manggut-manggut angguk-angguk. Lalu hadirlah artikel ini yang semoga dapat membantu Anda jika ingin IPD lebih bermanfaat. Tentunya pembaca lain sangat diundang untuk berbagi

AMSA, Aku, Kamu, dan Kita

Halo :D artikel kali ini adalah artikel kampanye untuk pemilihan Representative AMSA UGM 2013/2014. Pertama, perlu digarisbawahi bahwa kampanye ini bersifat individu dan tidak diperbolehkan adanya tim sukses. Kedua, kampanye dilakukan dari hari Rabu sampai hari Jumat. Karena waktu kampanye sedikit dan tenaga kampanye adalah individu, maka aku menggunakan blog sebagai salah satu media kampanye. Kenapa blog? Karena di sini semua dapat membaca dan di sini dapat menulis banyak :). Aku sangat terbuka dengan masukan, saran, atau kritik baik untuk AMSA atau untukku. Teman-teman bisa menuliskan hal-hal tersebut di kolom komentar atau langsung mengemailku di amgah01@yahoo.com AMSA, Aku, Kamu, dan Kita. Aku, Abdi Marang Gusti Alhaq (Amgah), mencalonkan diri sebagai Representative AMSA UGM 2013/2014 dengan visi: Menjadikan seluruh divisi dan tim AMSA UGM tumbuh dengan rasa cinta dan bangga serta semangat kekeluargaan yang erat dalam satu organisasi AMSA UGM. Penjelasan