MATA PELAJARAN | KLS | MATERI |
Keterampilan | 7 | Bab I |
Jasa | - Administrasi | |
dan Perniagaan | - Fungsi Administrasi pada keluarga, perkumpulan, perusahaan | |
- Tata buku, jenis-jenis tata buku | ||
- Fungsi tata buku | ||
Bab III | ||
- Pengertian bukti transaksi | ||
- Fungsi bukti transaksi | ||
- Macam-macam bukti transaksi : | ||
a. Kuitansi | ||
b. Faktur | ||
Keterampilan | Axl 1 | Bab I |
Jasa | - Administrasi | |
dan Perniagaan | - Fungsi Administrasi pada keluarga, perkumpulan, perusahaan | |
- Tata buku, jenis-jenis tata buku | ||
- Fungsi tata buku | ||
Bab III | ||
- Pengertian bukti transaksi | ||
- Fungsi bukti transaksi | ||
- Macam-macam bukti transaksi : | ||
a. Kuitansi | ||
b. Faktur | ||
c. Nota | ||
d. Bon | ||
e. Cek | ||
Keterampilan | 8 | - Pembukuan dalam perusahaan jasa |
Jasa | - Tahap-tahap pembukuan | |
dan Perniagaan | - Perkiraan (Account) | |
- Jurnal | ||
Keterampilan | 9 | - Perusahaan dagang |
Jasa | - Syarat pembayaran | |
dan Perniagaan | - Perkiraan (Account) | |
- Kode Perkiraan | ||
- Jurnal untuk perusahaan dagang | ||
- Transaksi dalam perusahaan dagang | ||
Keterampilan | Axl II | - Jurnal |
Jasa | - Buku besar | |
dan Perniagaan | - Neraca saldo | |
- Jurnal penyesuaian | ||
Ekonomi | 7 | - Makhluk sosial dan ekonomi |
Ekonomi | 8 | Bab I |
- Kebutuhan | ||
- Alat pemenuhan kebutuhan | ||
- Kelangkaan sumber daya | ||
Bab II | ||
- Pelaku-pelaku ekonomi | ||
- Koperasi s/d fungsi prinsip koperasi | ||
Ekonomi | 9 | - Uang |
Ekonomi | Axl 1 | - Makhluk sosial dan ekonomi |
- Tindakan, motif, dan prinsip | ||
Ekonomi | Axl II | - Ketenagakerjaan |
- BUMN dan BUMD | ||
- Pajak | ||
Geografi | 7 | - Tenaga Endogami, batuan, dan tenaga eksogen |
Geografi | 8 | - Pengertian demografi, unsur-unsur kependudukan |
Geografi | 9 | - Negara-negara maju dan negara-negara berkembang |
- Pola dan bentuk obyek geografi sesuai dengan bentang alamnya | ||
Geografi | Axl I | - Tenaga Endogami, batuan, dan tenaga eksogen |
Geografi | Axl II | - Dinamika penduduk |
- Lngkungan hidup | ||
Bahasa | 7 | - Berita - Pantun |
Indonesia | - Gagasan Utama - Buku harian | |
- Imbuhan me- - Majas perbandingan | ||
- Sinonim dan antonim - Membaca kamus | ||
- Ungkapan dan peribahasa - Pengumuman | ||
Bahasa | 8 | - Wawancara |
Indonesia | - Denah | |
- Drama | ||
- Reportase | ||
- Menulis petunjuk melakukan sesuatu | ||
- Kata umum dan kata khusus | ||
- Objek pelengkap | ||
- Surat dinas | ||
- Gagasan Utama dan penjelas | ||
- Kata ulang | ||
Bahasa | 9 | - Syair |
Indonesia | - Cerpen (unsur intrinsik) | |
- Iklan kolom (fakta dan pendapat) | ||
- Iklan baris | ||
- Daftar pustaka, kutipan | ||
- Perubahan makna kata | ||
- Sufiks asing | ||
- Menyunting tulisan | ||
- Paragraf hub. Perbandingan, pengandaian, sebab-akibat | ||
- EYD | ||
- Halaman Indeks | ||
Bahasa | Axl I | - Teks berita |
Indonesia | - Gagasan utama dan gagasan penjelas | |
- Buku harian | ||
- Majas perbandingan | ||
- Ungkapan, sinonim, antonim | ||
- Surat pribadi | ||
- Pengumuman | ||
- Pantun | ||
Bahasa | Axl II | - Unsur intrinsik (tokoh, karakter, latar, sudut pandang, alur |
Indonesia | - Berita (5W + 1 H) | |
- Perubahan makna kata | ||
- EYD | ||
- Susunan acara | ||
- Diskusi | ||
- Paragraf hub. Perbandingan | ||
- Keterpaduan paragraf | ||
- Kalimat efektif | ||
IPS Sejarah | 7 | Bab I |
- Pengertian dan pembagian zaman prasejarah | ||
Bab II | ||
- Manusia pra aksara di Indonesia | ||
IPS Sejarah | 8 | Bab I |
- Perkembangan kekuasaan barat di Indonesia | ||
Bab IV | ||
- Aceh, Ternate, Mataram, Banten | ||
IPS Sejarah | 9 | - PD I, II |
- Pendudukan Jepang | ||
IPS Sejarah | Axl 1 | Bab I |
Pengertian dan pembagian zaman prasejarah | ||
Bab II | ||
Manusia pra aksara di Indonesia | ||
Bab III | ||
Perkembangan kebudayaan pra aksara | ||
IPS Sejarah | Axl II | - Zaman jepang |
- Sekitar proklamasi | ||
Agama Islam | 7 | - Al Quran |
a. Al Qamariyah b. Al Syamsiah | ||
- Keimanan | ||
a. Iman kepada Allah SWT b. Asmaul Husna | ||
Agama Islam | 8 | - Al Quran |
a. Tarqiq b. Tafkhim | ||
c. Qalqalah sugra dan kubra | ||
- Keimanan | ||
a. Iman kepada kitab-kitab suci Allah | ||
b. Zuhud dan tawakal | ||
Agama Islam | 9 | - Al Quran |
a. Q.S Attin | ||
- Keimanan | ||
a. Iman kepada hari kiamat | ||
b. hadis tentang menuntut ilmu | ||
Agama Islam | Axl I | - Al Quran |
a. Al Qamariyah b. Al Syamsiah | ||
- Keimanan | ||
a. Iman kepada Allah SWT b. Asmaul Husna | ||
- Akhlak | ||
a. Sifat-sifat terpuji | ||
- Ibadah | ||
a. Thaharah | ||
Agama Islam | Axl II | - Al Quran |
a. Mad dan Wakaf | ||
- Keimanan | ||
a. Iman kepada Rasul | ||
- Akhlak | ||
a. Adab makan dan minum | ||
b. Binatang yang halal dan haram | ||
- Ibadah | ||
a. Penyembelihan hewan | ||
- Sejarah | ||
a. Sejarah perkembangan ilmu pengetahuan di masa abasiah | ||
PKN | 7 | - Norma masyarakat |
- Norma hukum dalam masyarakat dan negara | ||
PKN | Axl 1 | - Norma dalam masyarakat |
z | ||
PKN | Axl 2 | - Budaya demokrasi |
- Kedaulatan rakyat dan sistem politik (sampai partai politik) | ||
PKN | 8 | - Pancasila ideologi nasional |
- Konstitusi-konstitusi negara RI | ||
PKN | 9 | - Bela negara |
PLKJ | 7 | - Budi pekerti |
- Tata tertib sekolah | ||
PLKJ | 8 | - Sejarah perkembangan kota Jakarta |
- Keselamatan dan keamanan diri | ||
PLKJ | 9 | - Kependudukan |
PLKJ | Axl 1 | - Budi pekerti |
- Tata tertib sekolah | ||
- Bahaya rokok | ||
- Fasilitas umum | ||
PLKJ | Axl II | - Rumah susun |
a. Pengertian rumah susun | ||
b. Tujuan rumah susun | ||
c. Fungsi rumah susun | ||
d. Alat kelengkapan rumah susun | ||
e. Hak dan kewajiban pemilik dan penghuni rumah susun | ||
f. Keamanan, kenyamanan tinggal dirumah susus | ||
- Pencemaran Lingkungan | ||
a. Pengertian pencemaran | ||
b. Macam-macam bentuk pencemaran | ||
c. Upaya pemerintah dalam menangani pencemaran | ||
- Bahaya kebakaran | ||
a. Penyebab bahaya kebakaran | ||
b. Akibat dari bahaya kebakaran | ||
c. Upaya pencegahan bahaya kebakaran | ||
IPA- Fisika | 7 | - Besaran dan satuan |
- Pengukuran | ||
- Suhu dan pemuaian | ||
- Zat dan wujudnya | ||
IPA- Fisika | 9 | - Listrik statis |
- Listrik dinamis | ||
IPA- Biologi | 8 | - Pertumbuhan dan perkembangan |
- Sistem gerak | ||
- Sistem pencernaan | ||
Matematika | 7 | Bilangan (Integers) |
(Billingual | Pecahan (Fraction) | |
dan Reguler) | Aljabar | |
Matematika | 8 | faktorisasi bentuk Aljabar |
(Bilingual) | Phytagoras | |
Sistem Persamaan Linear 2 Variabel | ||
Matematika | 8 | faktorisasi bentuk Aljabar |
(Reguler) | Phytagoras | |
Persamaan Garis Lurus | ||
Axl 1 | Integers (Bilangan bulat) | |
Fraction (Pecahan) | ||
Aljabar | ||
Sistem Persamaan Linear 1 Variabel | ||
Matematika | 9 | - Kesebangunan dan kongruensi |
- Bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, bola) | ||
Axl II | - Lingkaran dan garis singgung lingkaran | |
- Bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma) | ||
Bahasa Inggris | 7 | Unit I : Nice to meet you |
Unit 2 : You musn't play loud music | ||
Unit 3 : I never drink cofee | ||
Unit 4 : Whould you like a sandwich | ||
Unit 5 : Wide angle on the world | ||
Bahasa Inggris | 9 | Unit 1 |
- Grammar | ||
a. Present simple and continous | ||
b. Present perfect simple with for and since | ||
c. verbs not normally used in the continous tenses | ||
- Vocabulary | ||
a. Phrasal verbs with get | ||
b. Family members | ||
c. Relationship | ||
- Communication | ||
a. Start and maintain a conversation | ||
Unit 2 | ||
- Grammar | ||
a. The definite article | ||
- Vocabulary | ||
a. Phrasal verbs with go travel | ||
- Communication | ||
a. Ask, give or refuse permission | ||
Unit 3 | ||
- Grammar | ||
a. Tenses | ||
- Vocabulary | ||
a. Word building from verbs of emotion | ||
b. Phrasal verbs with give | ||
- Communication | ||
a. Announce and respond to good and bad news | ||
Unit 4 | ||
- Grammar | ||
a. Tenses | ||
- Vocabulary | ||
a. Adjective and prepositions | ||
- Communication | ||
a. Give, Accept or refuse invitations | ||
Bahasa Inggris | Axl I | Unit 11 |
- Grammar | ||
a. Verbs will/won't, may or might for predictions | ||
b. First conditonal if/unlessclause/'ll (will)/won't | ||
c. Negative questions | ||
- Vocabulary | ||
a. Verb get | ||
b. Parts of the body | ||
- Communication | ||
a. Talk about future possibility | ||
b. Show surprise | ||
Unit 12 | ||
- Grammar | ||
a. Tenses | ||
- Vocabulray | ||
a. Adjectives to describe behaviour | ||
- Communication | ||
a. Describe processes | ||
b. Complain, request and apologise | ||
Unit 13 | ||
- Grammar | ||
a. Pronouns : some, any-, no-, every-, thing, one, where | ||
b. Second conditional : If clause I'd (Would)/Wouldn’t |
Banyak sekali hal-hal yang tidak tertulis dalam peraturan namun dalam kenyataan sangat dipegang. Contoh; ketuk pintu saat hendak memasuki ruangan. Pastilah kertas peraturan semakin penuh jika setiap peraturan tidak tertulis ikut ditulis. Sayangnya masih ada saja beberapa koas yang mungkin lupa kalau ada hal tersebut. Oleh karena itu kewajiban bagi koas yang ingat untuk mengingatkan. Kalau yang lupa tidak mau mengingatkan, semoga Tuhan mengingatkannya. Namun, kita di sini tidak membahas peraturan tak tertulis melainkan tips tak tertulis. Beberapa tempo lalu -- di sini -- aku telah menuliskan bagaimana koas dituntut untuk memiliki inisiatif. Namun sayangnya, pendidikan kita tidak sinergis untuk mendidik kami menjadi pribadi inisiator. Contoh? Ada bagian dimana salah menginisiasi berakibat fatal, lebih baik manggut-manggut angguk-angguk. Lalu hadirlah artikel ini yang semoga dapat membantu Anda jika ingin IPD lebih bermanfaat. Tentunya pembaca lain sangat diundang untuk berbagi ...
Makasih ye. Membantu. Dapat darimana ngomong2?
BalasHapus